SAP

Posted by : Administrator
Share

SAP MATA KULIAH STATISTIK PENDIDIKAN

                                                SILABUS MATA KULIAH

 

  1. Identitas Mata Kuliah

 

Nama mata kuliah          :  Statistik Pendidikan

Nomor kode                   :  -

Jumlah SKS                   :  3 SKS

Semester                         :  IV (Empat)

Program studi/Program  :  Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini/S1

Status mata kuliah          :  -

Dosen                             :  Usman, S.Pd., M.Pd        

                                         

  1. Tujuan

 

Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mengetahui pengertian, prinsip-prinsip, konsep-konsep, dan teknik-teknik dasar dalam pengolahan dan penyajian data secara kuantitatif serta mampu menggunakan dan menafsirkan hasilnya dalam bentuk grafik dan tabel secara tepat dalam kegiatan penelitian pendidikan bahasa. Mata kuliah pengantar statistik ini dapat membantu mahasiswa dalam menganalisis data yang kompleks dan menyajikannya secara informatif dalam bentuk yang sederhana.

 

  1. Deskripsi Isi

Dalam perkuliahan ini dibahas tentang pengertian dan jenis statistik, prinsip-prinsip dasar  statistik, konsep-konsep dasar statistik, fungsi statistik dalam kehidupan sehari-hari, dan teknik-teknik dasar dalam pengolahan dan penyajian data secara kuantitatif berupa pengukuran data statistik dan penggunaan serta penafsiran hasilnya dalam bentuk grafik, tabel, ukuran gejala pusat, ukuran dispersi dan variasi  dalam kegiatan penelitian pendidikan bahasa. Analisis hubungan antara teknik-teknik statistik yang relevan disajikan secara logika sehingga mahasiswa mendapatkan pemahaman intuitif yang memadai tentang metode statistik tanpa harus memiliki dasar matematika yang kuat.

  1. Pendekatan Pembe lajaran

Ekspositori dan inkuiri

    • Metode      :  Ceramah, Diskusi, Tugas, Observasi
    • Tugas         :  Praktek dan diskusi
    • Media        :  Whiteboard, leptop , LCD

           

  1. Evaluasi

 

Keberhasilan mahasiswa dalam perkuliahan ini ditentukan oleh prestasi yang bersangkutan dalam :

    • Partisipasi kegiatan kelas
    • Pembuatan tugas
    • Kuis, UTS, UAS

 

  1. Rincian Materi Perkuliahan Tiap Pertemuan

 

Pertemuan 1    :  Pendahuluan: Tujuan, Ruang Lingkup, Prosedur Perkuliahan; Silabus Perkuliahan, Tugas, Ujian, dan Sistem Penilaian; Sumber-Sumber Bacaan yang Menjadi bahan Rujukan

Pertemuan 2    : Pengertian, klasifikasi, fungsi dan kegunaan, ciri khas dan permasalahan statistika, data dan jenis-jenis data, tingkat dan Jenis Skala Pengukuran, populasi dan sampel.

Pertemuan 3    :  Penyajian data: tabel dan grafik dan data berdisitribusi frekuensi

Pertemuan 4    :  Ukuran Pemusatan data: Rata-rata, Modus, Median baik data tunggal maupun data berkelompok

Pertemuan 5    :  Ukuran lokasi data: kuartil, desil dan persentil baik data tunggal maupun data berkelompok

Pertemuan 6    :  Ukuran dispersi: rentang antar kuartil, rentang semi kuartil, simpangan rata-rata, simpangan baku dan varians.

Pertemuan 7    :  Ukuran Kemenncengan dan Keruncingan Suatu kurva normal

Pertemuan 8  :  Ujian Tengah Semester (UTS)

Pertemuan 9    : Hipotesis Penelitian

Pertemuan 10   : Uji Normalitas

Pertemuan 11    : Uji Homogenitas

Pertemuan 12   : Uji Korelasi

Pertemuan 13    : Lanjutan

Pertemuan 14    : Uji t

Pertemuan 15    : Analisis Regresi Linear Sederhana

Pertemuan 16    : Ujian Akhir Semester (UAS)

 

 

 

 

 

 

 

  1. Daftar buku

 

Herrhyyanto, Hamid. 2008. Statistika dasar. Jakarta : Universitas Terbuka

M. Subana dkk, 2000, Statistik Pendidikan, Bandung: Putra Setia

Nata Wirawan, 2001, Cara Mudah Memahami Statistik Deskiptif & Inferensia, Denpasar: Penerbit Keraras Emas

Sudjana, 1989, Metode Statistika, Bandung: Tarsito

 

 

 

 

 

               

 

 

SATUAN ACARA PERKULIAHAN

 

 

Nama mata kuliah          :  Statistik Pendidikan

Nomor kode                   :  -

Jumlah SKS                   :  3 SKS

Semester                         :  IV (Empat)

Program studi/Program  :  Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini/S1

Status mata kuliah          :  -

Dosen                             :  Usman, S.Pd., M.Pd        

 

Pertemuan

Kompetensi Dasar

Pokok Bahasan

Sub Pokok Bahasan

Waktu

 

1

Mahasiswa

mengetahui gambaran

Silabus dan SAP dari

perkuliahan Pengantar

Statistik termasuk di

dalamnya prosedur

pelaksanaan

perkuliahan.

 

Gambaran mata kuliah

1. Tujuan mata kuliah

2. Ruang lingkup mata kuliah

3. Kebijakan pelaksanaan  perkuliahan

4. Kebijakan penilaian hasil

     belajar

5. Tugas yang harus diselesaikan

6. Buku ajar yang digunakan

     dan sumber belajar lainnya

7. Hal-hal lain yang esensial

    dalam pelaksanaan

    perkuliahan.

 

 

 

2×45,

 

2

Mahasiswa Dapat menjelaskan pengertian statistik, statistika, data statistik, skala pengukuran, dan populasi dan sampel.

 

 

 

 

Pengantar statistika

1.  Pengertian statistik, statistika

2. Pengertian data statistik dan jenis-jenis   data

3.    Penggolongan statistik (deskriptif dan inferensial)

4.    Pengumpulan data statistik

 5.  skala pengukuran

6     populasi dan sampel

 

 

2×45,

 

 

3

 

 

Dapat menjelaskan masalah distribusi frekuensi, dan mampu membuat tabel distribusi frekuensi, grafik sebagai alat penggambaran distribusi frekuensi, distribusi frekuensi dalam bentuk

 

 

 

 

Penyajian data

 

Distribusi frekuensi

 

  1. Penyajian data dalam bentuk tabel
  2. Penyajian data dalam bentuk diagram batang
  3. Penyajian data dalam bentuk diagram lingkaran
  4. Penyajian data dalam bentuk diagram lambang
  5. Penyajian data dalam bentuk diagram garis dan titik
  6. Tabel distribusi frekuensi
  7. Tabel distribusi frekuensi relative
  8. Tabel distribusi frekuensi kumulatif
  9. Grafik histogram dan ogive

 

 

 

2×45,

 

4

Dapat menjelaskan dan mampu menghitung Mean, Median, Modus (Mode)

Ukuran pemusatan data

  1. Menjelaskan pengertian mean (rata-rata)
  2. Menjelaskan pengertian median
  3. Menjelaskan pengertian modus
  4. Menghitung mean, median, dan modus baik data tunggal maupun data berkelompok

 

 

2×45,

 

5

Dapat menjelaskan dan mampu  menghitung, Quartile (kuartil), Decile (desil), dan Percentile  (persentil)

 

 

Ukuran lokasi

  1. Menjelaskan pengertian kuartil
  2. Menjelaskan pengertian desil
  3. Menjelaskan pengertian persentil
  4. Menghitung kuatil, desil, dan persentil baik data tunggal maupun data berkelompok

 

 

2×45,

 

6

Dapat menjelaskan dan mampu  menghitung rentang antar kuartil, rentang semi kuartil, simpangan rata-rata, simpangan baku ,dan varians

 

Ukuran dispersi atau ukuran penyebaran data

  1. Menjelaskan pengertian rentang antar kuartil
  2. Menjelaskan pengertian rentang semi kuartil
  3. Menjelaskan pengertian simpangan rata-rata
  4. Menjelaskan pengertian simpangan baku dan varians
  5. Menhitung rentang antar kuartil, rentang semi kuartil, simpangan rata-rata, simpangan baku ,dan varians baik data tunggal maupun data berkelompok

 

 

2×45,

 

7

Dapat menjelaskan dan mampu  menghitung koefisien kemiringan dan keruncingan

Ukuran kemiringan dan keruncingan dari kurva normal

  1. Menjelaskan pengertian koefisien kemiringan dari sekumpulan data
  2. Menentukan model distribusi dari sekumpulan data ditinjau dari koefisien kemiringannya
  3. Menjelaskan pengertian koefisien keruncingan dari sekumpulan data
  4. Menentukan model distribusi dari sekumpulan data ditinjau dari koefisien keruncingannya

 

 

 

2×45,

 

8

Dapat menjawab soal UTS (Ujian Tengah Semester) dengan baik dan benar

 

Materi Pertemuan 1 – Pertemuan 7

 

 

          -

 

2×45,

 

9.

Hipotesis Penelitian

Hipotesis Penelitian

 

2×45,

10

Uji Normalitas

Uji Normalitas

 

2×45,

11

Uji Homogenitas

Uji Homogenitas

 

2×45,

12

Uji Korelas1

Uji Korelas1

 

2×45,

13

Lanjutan

Lanjutan

 

2×45,

14

Uji T

Uji T

 

2×45,

15

Analisis Regresi Linear Sederhana

Analisis Regresi Linear Sederhana

 

2×45,

16

Dapat menjawab soal UAS (Ujian Akhir Semester) dengan baik dan benar

 

Materi Pertemuan 9 – Pertemuan 15

 

 

          -

 

2×45,

 

 

                                         

 

Kendari,    Oktober 2016

    Dosen pengampu,

 

 

     TTD

 

    Usman, S.Pd., M.Pd.

   

 

 

 

 

UMK Program Studi Pendidikan Guru Pendidik Anak Usia Dini Universitas Muhammadiyah Kendari
Membentuk Insan Bertakwa dan Berakhlaqul Karimah
© 2019 Universitas Muhammadiyah Kendari Design By Tasbih, S.Pd. Follow Universitas Muhammadiyah Kendari : Facebook Twitter Linked Youtube